Tips Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi
Travel

Tips Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi

Sudah menjadi tradisi setiap orang yang merantau atau memiliki rumah di daerah lain akan melakukan mudik ketika menjelang hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Memang tak sedikit diantara mereka yang memilih menggunakan transportasi umum. Namun tak jarang pula ada yang menggunakan mobil sendiri. Agar tetap nyaman dan Aman ada tips mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Tips ini harus Anda lakukan ketika ingin pulang kampung. Dengan begitu meskipun perjalanan Anda jauh namun tetap saja tidak akan merasa tertekan di dalam mobil https://spakijogja.com dan keamanan mengemudi tetap terjaga dengan baik. Untuk itu inilah 5 tips yang bisa Anda coba praktekkan.

5 Tips Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi Bersama Keluarga

Cek Kondisi Mobil atau Kendaraan

Tips mudik menggunakan kendaraan pribadi yang pertama adalah silahkan cek kondisi mobil atau kendaraan yang akan Anda gunakan. Langkah ini penting untuk Anda lakukan jauh hari sebelum berangkat. Periksa semua komponen mobil mulai dari ban, rem, lampu, oli, tangki minyak, mesin, AC, dan komponen lainnya.

Persiapkan pula perlengkapan darurat untuk berjaga-jaga. Seperti alat untuk membuka kap mobil, dongkrak, ban cadangan, dan lain sebagainya. Jika perlu Anda bisa melakukan service terlebih dahulu agar bisa memastikan bahwa kondisi mobil masih prima dan layak digunakan. Dengan begitu Anda bisa lebih tenang saat berkendara nantinya.

Jaga Kesehatan Agar Tetap Fit

Selain kesehatan mobil Anda juga wajib memastikan kesehatan diri sendiri dan keluarga. Jangan sampai Anda atau salah satu anggota keluarga dalam kondisi yang kurang fit saat berkendara. Selain tidak akan memberikan efek menyenangkan membawa penyakit bisa saja menularkan kepada orang-orang yang berada di kampung halaman.

Terlebih saat ini masih banyak virus yang berkeliaran di luaran sana. Jadi Anda dan sekeluarga harus memperhatikan dan menjaga kesehatan secara spesifik agar tidak drop saat mudik. Apabila memungkinkan persiapkan kotak P3K lengkap beserta obat-obatan. Tips mudik menggunakan kendaraan pribadi ini harus dipersiapkan pula jauh hari.

Pastikan Anda Mengetahui Rute Perjalanan

Selain kedua tips mudik menggunakan kendaraan pribadi diatas ada satu poin penting yang wajib Anda ketahui sebelum berkendara yakni rute perjalanan. Terlalu lama berada di kota atau wilayah orang terkadang membuat kampung halaman mengalami berbagai perubahan. Anda tidak akan tahu secara spesifik meskipun pernah mendengar kabarnya.

Mungkin saat ini masalah rute tidak terlalu serius mengingat sudah ada aplikasi canggih penunjuk jalan seperti GPS. Akan tetapi terkadang GPS juga bisa menyesatkan jadi lebih baik waspada dengan mencari informasi mengenai kondisi jalan yang akan dilalui. Selain itu pastikan pula Anda mengetahui dimana titik-titik peristirahatan atau Rest Area yang bisa dikunjungi.

Persiapkan Semua Barang yang Hendak Dibawa

Mudik biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Ya sekurang-kurangnya bisa sampai 2 mingguan lah. Untuk itu tips mudik menggunakan kendaraan pribadi yang tidak boleh Anda lupakan adalah persiapkan semua barang yang ingin dibawa. Mulai dari pakaian, makanan, oleh-oleh, perlengkapan sholat, perlengkapan mandi, dan lain sebagainya.

Itu apabila anak Anda sudah beranjak dewasa. Jika masih bayi atau anak-anak maka akan ada banyak lagi perlengkapan yang harus dibawa. Jangan sampai ada barang-barang penting yang tertinggal. Karena itu akan sangat merepotkan Anda saat perjalanan maupun selama berada di kampung halaman.

Persiapan membawa barang ini akan lebih baik jika menggunakan list. Dengan begitu Anda tidak akan merasa kekurangan barang bawaan ataupun sebaliknya. Usahakan memiliki tas khusus untuk memasukkan barang-barang agar terlihat lebih rapi. Jangan sampai satu mobil full dengan barang bawaan karena itu bisa membuat Anda tidak nyaman selama perjalanan.

Pilih Jadwal Keberangkatan

Anda pasti tahu bukan jika mudik itu biasanya terjadi di hari-hari menjelang lebaran tiba. Ingat yang ingin mudik tidak hanya Anda saja. Jadi bisa dipastikan bahwa akan ada banyak kendaraan lalu lalang yang memiliki tujuan sama yakni mudik ke kampung halaman masing-masing. Oleh karenanya Anda perlu mencoba tips mudik menggunakan kendaraan pribadi ini.

Silahkan pilih jadwal keberangkatan untuk mudik. Apabila pekerjaan Anda memang fleksibel usahakan untuk memilih jam dan hari yang lebih longgar dengan pemudik. Artinya hari tersebut tidak terlalu berdekatan dengan Idul Fitri. Dengan begitu Anda bisa menempuh perjalanan dengan waktu yang lebih cepat.

Mengingat apabila pemudik lain masih belum ada yang berangkat Anda dapat lebih leluasa menikmati perjalanan. Disamping itu mengetahui jadwal keberangkatan ini akan membantu Anda terhindar dari macet panjang. Tahu sendiri bukan kalau Indonesia termasuk negara yang memiliki tingkat kemacetan parah. Jadi jangan abai persoalan ini jika tak ingin terjebak bersama ratusan pengendara lainnya.

Title : Tips Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi

You might also like