Puncak Becici
Travel

Puncak Becici

Yogyakarta memang memiliki potensi wisata yang sangat besar, terutama di kawasan Bantul dan sekitarnya. Sebagai pembuktian hal tersebut, saat ini pemerintah kabupaten Bantul sedang gencar melakukan pembangunan tempat wisata Jogja, diantaranya adalah di kecamatan Dlingo dan sekitarnya.

Hal ini didasari dengan letaknya yang berada diatas pegunungan sehingga mampu menyajikan pemandangan yang indah dan memanjakan setiap pengunjungnya. Salah satu tempat wisata yang sedang dikembangkan dan populer dikalangan wisatawan saat ini adalah tempat wisata Puncak Becici.

Tempat ini semakin digemari karena letaknya yang strategis sehingga akan menyajikan pemandangan matahari terbit atau tenggelam dengan sangat indah.

Bahkan tempat ini juga semakin ramai dikunjungi karena menyajikan pemandangan yang indah pada malam hari yaitu hamparan kota Yogyakarta dengan lampu-lampu indah seperti lautan bintang. Dengan begitu kawasan wisata ini bisa anda nikmati baik disiang hari maupun malam hari.

Selain melihat pemandangan alam yang indah, ditempat ini anda juga bisa merasakan hembusan angin dan udara yang segar khas hutan pinus.

Untuk menikmati kesegaran alam tersebut, anda hanya perlu menempuh jarak sejauh 3 km dari hutan pinus karangasem.

Sepanjang perjalanan yang anda lewati, anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah berupa lahan terasiring dan deretan pohon pinus yang menyejukan mata. Menariknya setelah beberapa Km berjalan, anda akan menemukan jalan setapak yang di cor dengan panjang kurang lebih 300 meter.

Dari jalan tersebut, anda bisa mengambil momen atau foto di area pinus tersebut. jika anda kelelahan dalam perjalanan, anda akan menemukan warung yang menjajakan makananya di sepanjang jalan menuju puncak Becici.

Namun jika melewati jalan setapak tersebut, sudah dipastikan anda akan kehilangan rasa lelah karena pemandangan yang indah dan udara yang sejuk akan mengobati rasa lelah anda.

Tiket Masuk Puncak Becici

Tiket Masuk Puncak Becici

Dalam rumah tanggan, pembengkakan biaya memang sering terjadi untuk kegiatan wisata atau berlibur bersama keluarga.

Meskipun  hanya dilakukan satu kali dalam seminggu atau musim liburan, namun sifat manusia yang tidak pernah puas juga menjadi pendukung terjadinya masalah tersebut.

Namun hal tersebut tidak akan terjadi ketika anda sedang berkunjung ke kota gudeg, Yogyakarta. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah bekunjung ke puncak Becici di kecamatan Dlingo.

Karena masih tergolong baru dibuka, maka wisatawan yang berkunjung ke sini tidak akan dipungut biaya atau tarif retribusi masuk.

Anda hanya perlu mengeluarkan biaya parkir saja karena pengelola dan msyarakat sekitar hanya mengambil biaya retribusi dari pembayaran parkir tersebut. hal ini tentunya sangat menguntugkan bagi wisatawn yang berkunjung karena tidak perlu khawatir akan terjadi pembengkakan biaya akibat berwisata.

Namun meskipun tidak dipungut biaya retribusi, anda tetap bisa menikmati berbagai keindahan dan fasilitas yang menambah kenyamanan anda.

Adapun untuk biaya parkir, setiap wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp 10.000 bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan mobil.

Biaya tambahan lain harus anda keluarkan ketika menyewa bebarapa spot foto dan fasilitas camping ground. Namun harga yang diberikan untuk masing-masing spot hiburan juga masih terjangkau dan dibawah RP 20.000 sehingga masih aman untuk menjaga pembengkakan biaya liburan anda.

Faslitas di  Puncak Becici

Meskipun belum lama dibuka, tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas baik untuk memberikan kenyamanan atau menambah keseruan. Beberapa fasilitas yang diberikan untuk memberikan kenyamanan diantaranya adalah toilet, mushola, dan lain sebegainya.

Sedangkan fasilitas yang bisa menambah keseruan berlibur anda adalah ayunan yang berupa hammock, rumah pohon, fasilitas camping dan lain sebagainya. Dengan fasilitas-fasilitas tersebut anda bisa menikmati dengan suasana yang sejuk khas hutan pinus.

Rute dan Lokasi Puncak Becici

Lokasi Puncak Becici

Destinasi wisata yang satu ini berada di dushn Cilik desa Muntuk Yogyakarta. Mengingat tempatnya yang berdekataan dengan tempat wisata lainya, akses jalan yang harus anda tempuh juga sangat mudah dan bisa dijangkau dengan berbagai kendaraan.

Untuk menjangkau bukit Becici, anda bisa menggunakan beberapa rute yaitu menggunakan jalur Jogjakarta dan jalan Wonosari.

Namun dari kedua jalur tersebut, sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan karena dikawasan wisata ini tidak terdapat transportasi umum yang bisa digunakan.

Untuk rute yang pertama, wisatawan dapat menggunakan jalur Imogiri yaitu melewati passr Imogiri. Setelah sampai dikawasan pasar, anda akan menemukan pertigaan, silahkan ambil ke arah kiri mengikuti petunjuk arah yang ada di area tersebut.

Namun anda perlu teliti dan hati-hati karena setelah pertigaan tersebut anda akan menemukan pertigaan kembali dan silahkan anda menggunakan arah kanan yang menuju ke kebun buah Mangunan. Setelah melewati tahap ini, nada bisa melanjutkan perjalanan sesuai dengan petunjuk arah menuju Puncak Becici.

Selain rute pertama, wisatawan juga dapat berkunjung dengan mengguankan rute  kedua yaitu Jalur Wonosari. Anda bisa menggunakan jalan Wonosari kemudian ke arah kanan hingga melewati pinus Sudimoro.

Setelah menemukan titik ini, anda bisa melanjutkan perjalanan sesuai dengan petunjuk arah yang ada.

Aktivitas di Puncak Becici

Jika berkunjung ke tempat ini, anda bisa menikmati keindahan matahari tenggelam pada sore hari.

Pemandangan ini akan berbeda dengan tempat lain karena berada di sela pohon pinus yang menjulang tinggi sehingga memberikan efek tersendiri.

Selain itu, jika menikmati keindahan jogja dari ketinggian pada waktu siang hari sudah biasa, ditempat ini anda bisa melihat keindahan kota Jogja pada malam hari.

Tempat ini akan memanjakan mata anda dengan lampu malam yang seperti bintang bertaburan.

Jika berkunjung ke tempat ini, biasanya wisatawan juga tidak lupa untuk berfoto di beberapa spot foto sepert taman love. Spot tersebut merupakan kayu dengan bentuk love yang cocok untuk digunakanberfoto bersama orang tersayang.

Selain itu anda juga bisa menikmati hammock untuk bersantai dan berfoto.  Disini anda akan merasakan semilir angin sepoi-sepoi yang sangat nyaman untuk menghilankan kepenatan.

Untuk menikmati spot ini, anda akan dikenakan biaya sewa sebesar Rp 10.000.

Jika anda berkunjung bersama rombongan, anda juga bisa menikmati malam dengan menggunakan fasilitas camping ground.

Anda bisa mendirikan tenda dan bermalam menikmati keindahan pemandangan di malam hari. Untuk menggunakan spot tersebut anda hanya akan dikenakan biaya sewa sebesar Rp 15.000 saja.

Nah bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata puncak Becici tersebut? tempat wisata ini akan memberikan kesan liburan yang berbeda dari tempat-tempat lainya.

Selain itu, akses yang mudah dijangkau juga menjadi kelebihan tersendiri bagi tempat wisata ini. selain mengunjungi tempat tersebut, anda juga bisa berwisata di beberapa tempat lain di kawasan Hutan Mangunan.

Jika anda ingin berkunjung ke kota Yogyakarta, jangan lupa untuk memasukkan tempat ini di daftar kunjungan liburan anda.

Title : Puncak Becici

You might also like