Digital Marketing
Bisnis

Strategi Digital Marketing

Pemasaran digital terus mengalami perubahan dan perkembangan. Itulah kenapa, orang yang bergelut dalam bisnis online harus terus mengikuti trend yang sedang berkembang. Ada banyak inovasi digital marketing terbaru yang wajib diikuti. Tujuannya tentu saja untuk meraih hasil bisnis yang optimal.

Di tahun 2020, para pakar digital marketing memprediksi ada 5 tren yang akan populer. Jika Anda salah seorang digital marketer, tentu wajib mengikuti perkembangan tren tersebut. Tanpa berlama-lama, berikut 5 strategi paling efisien yang bisa diaplikasikan di dunia pemasaran digital.

5 Strategi Digital Marketing yang Efisien

1. Memanfaatkan Kepopuleran Media Sosial

Tidak dapat dipungkiri, bahwa saat ini medsos telah berubah menjadi senjata ampuh untuk pemasaran. Katakanlah salah satunya seperti Instagram. Media sosial berbasis visual ini, sudah lama digunakan sebagai sarana untuk pemasaran dan promosi. Hal tersebut karena, ada cukup banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk pemasaran.

Salah satu fitur yang powerfull untuk digital marketing adalah Instagram Stories. Cara menggunakan fitur ini sebagai senjata pemasaran pun cukup mudah. Anda hanya tinggal upload video atau gambar semenarik mungkin.

Pastikan video atau gambar yang di-upload, memuat unsur copywriting atau kata-kata promosi dan pemasaran. Anda bisa membuat konten untuk Instagram Stories ini melalui aplikasi smartphone maupun software di PC/laptop.

Selain IG, Facebook juga menjadi media yang sangat cocok untuk pemasaran. Bahkan, baik IG maupun FB, keduanya dilengkapi dengan fitur advertising berbayar yang sangat powerfull. Silahkan Anda pilih salah satunya, kemudian optimalkan.

2. Memperhatikan Kekuatan Konten

Konten menjadi senjata pemasaran yang sangat vital. Segencar apapun pemasaran dan promosi yang dilakukan, jika kontennya lemah maka efeknya tidak akan maksimal. Selain itu, konten juga merupakan strategi digital marketing yang biasa digunakan untuk menarik banyak pelanggan.

Konten juga mampu membawa pelanggan secara organik. Bahkan, kekuatan konten juga mampu meningkatkan brand awareness audiens. Artinya, produk maupun layanan yang Anda jual, akan mudah dikenali. Bahkan, audiens dapat dengan mudah mengenali manfaat dan keunggulannya.

Silahkan Anda riset jenis konten yang saat ini sedang tren. Kemudian, silahkan posting baik melalui website, Instagram, Facebook, maupun platform lain yang Anda gunakan untuk pemasaran.

3. Tentukan Platform Agar Audiens Melihat Pesan Marketing Anda

Dalam pemasaran digital, Anda diharuskan memiliki website e-commerce. Nah, nantinya, URL dari website tersebut, Anda tempelkan di beberapa platform. Tujuannya agar audiens yang melihatnya, langsung menuju ke halaman Anda. URL bisa ditempatkan di media sosial, forum, dan lainnya.

Tentukan media sosial yang akan digunakan untuk pemasaran. Silahkan pilih sesuai target audiens. Misalnya, jika produk atau layanan Anda menyasar kaum milenial, sebaiknya gunakan Instagram. Silahkan taruh URL website e-commerce Anda di platform tersebut.

Untuk mengoptimalkannya, promosikan dengan layanan advertising berbayar. Contohnya seperti Instagram Ads. Kenapa harus yang berbayar? Karena, iklan berbayar berpotensi dilihat oleh audiens yang sedang mencari produk maupun layanan Anda.

Untuk mengenalkan bisnis, Anda juga harus menggunakan bahasa pemasaran yang tepat. Misalnya seperti gaya bahasa yang cocok dan sesuai dengan kaum milenial.

4. Memanfaatkan Optimasi Internet Marketing

Saat ini, ada banyak optimasi yang memudahkan Anda dalam melakukan pemasaran digital. Beberapa yang paling populer seperti SEO (Search Engine Optimization) dan SMO (Social Media Optimization). Keduanya merupakan contoh digital marketing plan untuk meningkatkan keuntungan. Jika Anda tidak menguasai ilmu SEO, Anda bisa menggunakan jasa SEO website yang profesional.

Mengoptimalkan SEO dan SMO memang memerlukan kemampuan khusus. Namun, Anda bisa tetap fokus pada bisnis dengan mempercayakannya kepada jasa yang kredibel.

SEO dan SMO merupakan teknik yang bersifat organik, atau tidak berbayar. Selain itu, ada juga teknik berbayar seperti SEM (Search Engine Marketing). Sama seperti SEO, SEM adalah optimasi yang dapat meningkatkan traffic sebuah website. Teknik ini, sama efisiennya seperti optimasi yang bersifat organik.

5. Menjalin dan Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Aset bisnis Anda bukan berbentuk modal saja. Aset terbesar di dalam bisnis adalah pelanggan. Apapun optimasi yang diaplikasikan, cobalah untuk memberi yang terbaik bagi mereka. Jalinlah hubungan baik dengan mereka. Tanggapi semua saran dan keluhan dari mereka.

Selain itu, jangan lupa juga memberi diskon atau hadiah-hadiah menarik bagi para pelanggan setia. Dengan menjalin hubungan baik, tidak menutup kemungkinan mereka akan mempromosikan produk atau layanan Anda secara cuma-cuma.

Trik ini wajib diperhatikan dan diaplikasikan. Baik bisnis berbasis offline, maupun berbasis online, kepuasan pelanggan harus tetap menjadi prioritas.

8 Keuntungan yang Didapat dari Digital Marketing

Apa sih benefit yang bisa kita dapatkan dengan mengaplikasikan strategi di atas? Nah, berikut 10 keuntungan yang bisa Anda rasakan manfaatnya:

  1. Menghubungkan Anda dan bisnis dengan customer di internet. Karena, seperti yang kita ketahui, pengguna internet aktif di Indonesia sudah mencapai angka jutaan.
  2. Berpotensi untuk menghasilkan penjualan yang tinggi. Efeknya, pendapatan Anda akan semakin bertambah.
  3. Digital marketing menawarkan layanan customer secara real-time. Hal tersebut tentu akan berdampak pada kesuksesan bisnis yang sedang dijalankan.
  4. Menghemat biaya promosi dan pemasaran para pelaku usaha. Contohnya, kita bisa menggunakan media sosial sebagai lapak usaha tanpa harus menyewa atau membangun properti.
  5. Bisnis bisa menjangkau seluruh pengguna smartphone.
  6. Membantu para pelaku usaha untuk menghasilkan CPL (Cost Per Lead) yang tinggi.
  7. Menjaga posisi bisnis dari para kompetitor.
  8. Membantu para pelaku usaha agar bisa bersaing dengan perusahaan besar.

Nah, itulah strategi pemasaran yang efektif dan efisien yang bisa dilakukan secara online. Bagi yang baru terjun ke dalam bisnis online, Anda wajib memperhatikan 5 strategi di atas. Yuk, optimalkan strateginya, agar bisnis berpeluang mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Sumber: https://www.masterseo.id

Title : Strategi Digital Marketing

You might also like