Manfaat dan Keunggulan Tabungan Emas
Investasi

Manfaat dan Keunggulan Tabungan Emas

Hingga sekarang, pemerintah Indonesia terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui berbagai sektor. Salah satu cara yang gencar dilakukan adalah menawarkan langsung berbagai produk tabungan emas sebagai investasi. Selain itu, syarat bagi rakyat kecil menengah yang ingin berinvestasi logam mulia emas juga telah dipermudah.

Daripada penghasilan setiap bulan habis dibelanjakan untuk keinginan semata, lebih baik uang tersebut digunakan pada investasi tabungan emas pegadaian saja. Inilah kesempatan terbaik memanfaatkan peluang yang diberikan pemerintah kita dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakatnya. Berikut 10 manfaat dan keunggulan dari investasi jenis ini untuk anak muda.

10 Manfaat dan Keunggulan Tabungan Emas

1. Investasi yang Menguntungkan

Masa panen investor tabungan emas adalah saat harga emas naik. Seperti tabungan emas BNI, layaknya seorang petani yang menunggu masa panen tiba dan akan mendapat keuntungan dari hasil tersebut. Jangan khawatir apabila harga emas mengalami penurunan sesaat.

Peristiwa ini hanya akan terjadi sebentar saja. Seiring naiknya inflasi, harga emas juga akan terus meningkat. Jelasnya, daya beli masyarakat dengan harga emas tetap sesuai pada waktu tersebut.

2. Harga Emas Selalu Naik

Dari tahun ke tahun harga emas selalu naik dan faktor inilah yang menguntungkan investor logam mulia emas. Inflasi yang semakin tinggi adalah pemicu utama kenaikan tersebut. Misalnya, Anda membeli satu gram emas di tahun ini seharga Rp. 600.000- Rp. 700.000.

Maka satu tahun kemudian harga tersebut bisa mencapai kisaran Rp. 800.000 – Rp. 900.000. Jadi, masih tidak ingin meraup keuntungan besar dari investasi emas? Apakah Anda tidak ingin jadi jutawan di usia muda? Apakah Anda tidak mau mewujudkan keinginan tersebut?

Klik lihat: https://giovanibarbershop.com/kemitraan

3. Tidak Bergantung Kebijakan Pemerintah dan Mudah Dilakukan

Jika menjadikan tabungan emas sebagai investasi, Anda akan diuntungkan karena keputusan pemerintah tidak mempengaruhi harga emas. Jadi, investasi jenis ini tetap stabil karena tidak bergantung pada kebijakan pemerintah. Harga emas tetap naik seperti biasa dan inilah keunggulan yang perlu diketahui.

Walau dana yang dimiliki terbatas, investor dapat melakukan investasi tabungan emas. Persyaratannya juga tidak rumit sehingga mudah dilakukan masyarakat luas. Terlebih, pegadaian dan lembaga perbankan Indonesia telah menyediakan investasi jenis logam mulia emas kepada pihak manapun.

4. Daya Beli Emas Bersifat Tetap

Setiap tahun harga emas tidak selalu naik. Terkadang terjadi penurunan harga meski hanya sesaat. Namun, kecil kemungkinan peristiwa ini sering terjadi. Sebaliknya, secara drastis harga emas akan mengalami kenaikan.

Sebagai contoh, harga kebutuhan pokok seperti gandum, minyak dan sebagainya mengalami penurunan. Penurunan harga terjadi lebih dulu pada harga emas dari $1.000 menjadi $500. Daya beli masyarakat terhadap emas akan bersifat tetap meski terjadi peristiwa tersebut.

5. Resikonya Kecil

Saat ada perubahan inflasi di era perekonomian global ini, setiap orang harus siap menghadapinya. Apabila nilai tukar rupiah turun, harga barang akan naik karena disebabkan perubahan inflasi tersebut. Anda bisa bernafas lega jika memiliki tabungan emas sebagai investasi.

Tidak seperti pasar saham, bunga tabungan hingga bunga deposito yang terkena dampak kebijakan keuangan yang dikeluarkan pemerintah Indonesia. Harga emas setiap tahun tetap stabil bahkan cenderung naik sekalipun sedang terjadi krisis ekonomi. Dibandingkan investasi jenis lainnya, tentu rasio kerugian emas lebih kecil.

6. Modal Kecil

Penghasilan pas-pasan sering dijadikan alasan anak muda malas menabung. Tidak sedikit yang menabung setelah menunggu penghasilan lebih besar. Mereka berpikir jumlah tabungan jadi lebih banyak apabila ditabung dari penghasilan tersebut. Apakah Anda termasuk anak muda yang juga berpikir demikian?

Jika benar demikian, sebaiknya Anda mencoba menabung emas saja. Jenis tabungan ini tidak membutuhkan modal besar seperti lainnya. Lewat mencicil tabungan emas, masyarakat telah dimudahkan oleh banyak lembaga penjualan emas tersebut.

7. Mudah Diuangkan

Kini, tabungan emas bisa investasi tanpa perlu keluar modal besar. Selain minim modal, investasi emas juga bisa diuangkan di saat-saat darurat. Jika ingin dipakai untuk keperluan skala besar, maka uangkan saja investasi emas Anda. Proses menguangkannya juga cepat dan mudah sehingga sangat membantu saat terdesak.

Apalagi saat muncul keinginan untuk memanjakan diri dengan barang-barang mewah. Contohnya, membeli smartphone mahal, baju, sepatu bermerek keluaran terbaru dan sebagainya. Ingin segera dimiliki tapi belum gajian? Gunakan saja investasi tersebut. Semua barang yang Anda inginkan bisa dibeli setelah menguangkan tabungan emas.

8. Dapat Dijadikan Jaminan

Anak muda usia 20-30 tahun identik dengan hidup foya-foya alias hanya suka kesenangan duniawi saja. Apakah tindakan tersebut salah? Jawabannya tidak. Setiap orang mempunyai hak penuh terhadap penghasilan yang didapat. Baik itu digunakan untuk bersenang-senang atau ditabung setengahnya.

Namun, sayang rasanya bila uang tersebut tidak dimanfaatkan secara maksimal seperti dipakai untuk tabungan emas sebagai investasi. Perhiasan emas atau investasi emas dapat dijadikan sebagai jaminan ketika mengajukan pinjaman uang ke pegadaian ataupun lembaga bank. Gunakan cara ini apabila sedang terdesak butuh dana besar dalam waktu cepat.

9. Pajaknya Ringan

Penetapan nilai pajak pada emas sendiri sudah ada sejak tahun 2015. Pajak Pertambahan Nilai (PPn) tidak dikenakan pada bahan baku perhiasan, kecuali jika ada transaksi maka akan dikenakan Pajak Penghasilan (PPh). Emas batangan umumnya dikenakan pajak 0,45% kecuali untuk kegiatan ekspor-impor.

Sebagai anak muda yang sudah berpenghasilan, wajib hukumnya membayar pajak sebagai warga negara yang baik. Selain itu, jenis investasi ini lebih ringan pajaknya dibanding yang lain, maka patut dicoba.

10. Sebagai Harta

Tabungan emas sebagai investasi merupakan harta yang tidak akan pernah berkurang nilainya. Nilai emas akan tetap sama bahkan cenderung naik meskipun tidak dalam bentuk yang sama. Karena kecil kemungkinan nilai emas akan turun.

Investasi tabungan emas bisa dicoba ketika merasa bosan menabung di rekening bank biasa. Menabung di bank juga tidak menghasilkan banyak keuntungan. Selain tabungan emas bisa diinvestasikan, tentu ada pula beberapa manfaat dan keunggulan investasi seperti yang kami sebutkan.

Dengan semua benefit positifnya di atas, melakukan investasi emas menjadi langkah tepat untuk mengamankan aset.

Sumber artikel: https://fakta.co.id

Title : Manfaat dan Keunggulan Tabungan Emas

Tags

You might also like