Travel

Tempat Wisata di Banjarmasin

Pernah mendengar Kota Seribu Sungai? Julukan tersebut diperuntukan untuk Kota Banjarmasin yang terletak di Pulau Kalimantan. Kota ini mendapatkan julukan tersebut karena memang di tengahnya dilewati oleh Sungai Martapura, Sungai Barito, Sungai Si Pandai, Sungai Sigiling dan masih banyak lainnya. Banjarmasin juga dikenal sebagai kota yang mempunyai banyak sekali tempat wisata.

Ada 10 tempat wisata di Banjarmasin yang tidak boleh Anda lewatkan dan juga memiliki ciri khas tersendiri. Dari daftar tempat wisata yang ada di Banjarmasin ini, ada juga beberapa lokasi yang sudah sangat melegenda dan menjadi landmark dari kota tersebut. Berikut ini adalah tempat wisata yang ada di Banjarmasin.

Tempat Wisata di Banjarmasin

1.    Pasar Terapung Muara Kuin

Jika berkunjung ke Banjarmasin, Anda tidak dapat bisa melewatkan Pasar Terapung Muara Kuin yang ada di muara Sungai Barito. Seperti namanya, ketika Anda kesini maka Anda akan melihat aktivitas pasar tradisional yang dilakukan di atas perahu atau sampan. Anda dapat membeli berbagai macam kebutuhan sehari-hari hingga alat dapur dan pakaian.

Lihat juga Tempat Wisata di Bangkok

Pasar terapung ini sudah ada sekitar 400 tahun lalu dan hingga saat ini masih dijalankan serta terus dibudidayakan. Namun, jika Anda ingin berbelanja di pasar ini, ada baiknya datang pada pagi hari. Karena pasar ini buka dari pukul 5 pagi hingga 7 pagi waktu setempat.

2.    Pulau Kembang

Tempat wisata di Banjarmasin 2020 yang wajib dikunjungi adalah Pulau Kembang, di mana pulau ini berada di tengah Sungai Barito. Di pulau ini sendiri Anda akan melihat banyak sekali monyet dan beberapa jenis burung. Bisa dikatakan bahwa pulau ini adalah habitat bagi monyet yang mana masyarakat percaya bahwa ada Raja Monyet yang menghuni pulau tersebut.

Ketika Anda berkunjung ke Pulau Kembang, lebih baik berhati-hati akan barang yang dibawa. Karena monyet di pulau tersebut suka sekali mencuri barang-barang wisatawan, apalagi jika Anda membawa makanan. Menariknya di dalam pulau terdapat arca Monyet Putih atau Hanoman yang sering kali diberikan sesaji oleh masyarakat Tionghoa sekitar pulau tersebut.

3.    Masjid Sultan Suriansyah

Di Banjarmasin juga terdapat beberapa wisata religi yang bisa Anda kunjungi, salah satu Masjid Sultan Suriansyah. Di bangun pada sekitar tahun 1526 – 1550 yang menjadikan masjid tertua yang ada di Banjarmasin. Uniknya dari rumah Ibadah ini adalah dari desain arsitekturnya yang sangat khas Kalimantan, di mana terlihat dari bentuk atapnya dan mirip dengan rumah panggung.

4.    Taman Siring Sungai Martapura

Tempat wisata di Banjarmasin yang sudah buka dan juga menjadi tempat nongkrong anak muda adalah Taman Siring Martapura. Taman ini sendiri berada di pinggiran Sungai Martapura dan terdapat bangku dan city walk yang bisa digunakan masyarakat sekitar. Tidak hanya itu saja, taman yang satu ini juga sering dijadikan tempat kumpul bagi komunitas tertentu.

Jika Anda suka memancing tidak ada salahnya melakukan aktivitas tersebut di taman ini, karena Sungai Martapura sendiri dipenuhi dengan berbagai jenis ikan air tawar yang lezat. Anda dapat memancing sambil menikmati keindahan alam yang ada di sekitar taman.

5.    Taman Maskot

Di Kota Seribu Sungai ini memang terdapat banyak sekali wisata taman yang bisa Anda Kunjungi, di mana Taman Maskot adalah salah satunya. Seperti namanya, taman di Banjarmasin ini memiliki dua maskot dari kota tersebut yaitu bekantan dan pohon kasturi. Ketika Anda masuk ke dalam taman ini, maka Anda akan disambut patung bekantan yang seukuran manusia.

Sedangkan di bagian belakang patung, maka Anda akan melihat patung dari pohon kasturi yang dipenuhi dengan patung monyet yang lebih kecil. Di taman ini maka Anda akan menemukan beberapa tanaman seperti kaktus dan juga lidah buaya. Suasana di taman ini juga sangat tenang dan juga segar.

6.    Museum Wasaka

10 tempat wisata di Banjarmasin yang wajib untuk Anda kunjungi selanjutnya adalah Museum Wasaka. Museum ini sendiri menyimpan bukti perjuangan masyarakat Banjarmasin untuk dapat lepas dari penjajah. Anda dapat melihat berbagai macam peninggalan seperti pistol yang direbut dari penjajah Belanda, mesin tik dan juga sepeda yang digunakan untuk mengantar surat rahasia.

Satu peninggalan yang harus Anda ketahui adalah adanya teks proklamasi yang dibuat pada tahun 17 Mei 1949. Isi teks proklamasi pun berbeda dari apa yang kita tahu, hal ini sendiri karena pada tahun 1945 Kalimantan bukan bagian dari Indonesia karena adanya Perjanjian Linggarjati. Maka dari itu masyarakat Kalimantan terus berjuang hingga akhirnya dapat merdeka pada tahun 1949.

7.    Jembatan Barito

Walaupun bukan tempat wisata di Banjarmasin terbaru, namun Jembatan Barito menjadi landmark yang wajib untuk dikunjungi. Ketika berkunjung di jembatan ini sangat disarankan untuk datang pada sore hari. Anda dapat melihat langit sore dan juga udara segar sambil duduk di jembatan mini serta menikmati berbagai jajanan yang dijajakan warga lokal.

8.    Pusat Kuliner di Tepian Sungai Martapura

Seperti namanya salah satu dari 10 tempat wisata di Banjarmasin yang satu ini menjadi lokasi tepat bagi Anda yang ingin menikmati berbagai kuliner khas kota tersebut. Ada lebih dari 50 kios yang menyediakan banyak makanan lezat khas Banjarmasin, bahkan ada beberapa makanan dari daerah lain yang juga tidak kalah lezatnya.

9.    Menara Pandang Banjarmasin

Menara yang diresmikan pada tahun 2014 ini adalah salah satu tempat wisata yang wajib untuk Anda kunjungi. Selama Anda berkunjung ke menara yang memiliki tinggi 21 meter ini, Anda dapat menikmati pemandangan dari segala penjuru kota yang sangat indah. Apalagi ketika Anda menaiki menara, Anda tidak perlu membayar biaya apapun alias gratis.

Lihat juga Candi Sari Jogja 

10.  Pulau Bakut Banjarmasin

10 tempat wisata di Banjarmasin yang juga harus Anda kunjungi adalah Pulau Bakut yang terletak di bawah Jembatan Barito. Pulau yang memiliki luas sekitar 18 hektar ini dihuni oleh berbagai hewan dan juga ditumbuhi oleh tanaman endemic khas Kalimantan. Untuk mencapai lokasi ini Anda harus menaiki speed boat selama 1,5 jam.

Title : Tempat Wisata di Banjarmasin

You might also like